Teknik Foto Untuk Komposisi Yang Perlu Diketahui

Dalam dunia fotografi, komposisi foto tidak lepas dari kemampuan seorang fotografer dalam menangkap objek foto yang menarik. Seseorang yang awam atau bukan dari kalangan photographer pun jika disuguhkan dengan sebuah foto, maka akan tahu persis hasil foto yang diperlihatkan tersebut bagus atau tidak. Tapi, orang awam tersebut walapun tahu, ternyata mereka tidak mengerti apa dan bagaimana cara membuat foto tersebut menjadi bagus, mengapa foto itu dapat terlihat lebih menarik, dan mereka tidak mengetahui caranya.

Sementara, seorang photographer tidak hanya dituntuk untuk mengetahui sebuah foto tersebut bagus atau tidak, tapi juga perlu mengetahui secara pasti bagaimana cara membuat foto tersebut dapat terlihat lebih menarik.

Lalu, apa rahasia seorang photographer agar bisa mengambil gambar dengan baik?

Rahasianya adalah komposisi. Dalam Teknik mengatur komposisi ini, memang harus diasah dari skill yang sudah memiliki untuk dapat mengembangbiakkan sense of things TERHadap suatu objek atau benda.  Fotografer juga harus jeli dan kreatif dalam menerapkan Teknik komposisi ini. Dalam artikel ini akan mengulas komposisi yang tepat untuk setiap caranya agar dapat diatur dengan baik.

Dalam membuat komposisi, tidak ada aturan baku dalam Teknik komposisinya. Untuk mendapatkan sesuatu yang kreatif, perlu ada aturan yang sedikit dilanggar namun tetap berada pada hasil yang kreatif. Namun, terdapat beberapa panduan yang bisa dipelajari untuk belajar komposisi foto agar terlihat lebih baik dan lebih menarik.

  1. Teknik Foto Rule of third

Rule of third merupakan salah satu komposisi foto paling mendasar dan wajib diketahui oleh para photographer. Photographer cukup membagi bidang foto menjadi 9 kotak yang sama besar dan meletakkan point of interest pada titik atau garis pada bidang tersebut.

 

  1. Komposisi foto golden shape

Golden shape adalah suatu komposisi foto dengan membagi bidang foto dengan garis bertepi nyata menjadi posisi positif-negatif sehingga tampak adanya kontrak antara masing-masing bidang sehingga membuat kesatuan yang harmonis.

 

  1. Komposisi foto simetris

Komposisi foto ini meletekkan objek dan membagi bidang foto sama rata kanan dan kiri sehingga objek terlihat simetris.

 

  1. Komposisi foto repetition dan pattern

Komposisi ini membuat sebuah pattern atau repetisi pada bidang atau objek tertentuPola Pattern membuat suatu komposisi menjadi lebih harmonis. Foto repetition ini bisa didapatkan dengan pemilihan angele foto ayng tepat, serta pemilihan jarak antara lensa dengan objek yang sedemikian rupa.

  1. Komposisi foto perspektif

Perspektif merupakan Teknik pengambilan gambar dengan memanfaatkan efek baik itu secara jauh maupun dekat yang dihasilkan oleh lensa sehingga menimbulkan dimensi yang mendalam. Efek proporsi dan dimensi yang ditimbulkan dapat diperkuat dengan mengarahkan mata pada point of interest.

Berikut 5 macam komposisi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan para photographer dalam mengambil gambarnya. Anda bisa menyewakan jasa fotografer yang sesuai dengan minat dan foto anda untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. terdapat penyewaan jasa fotografer jakarta yang dapat anda pilih sebagai jasa menangkap momen penting anda.