Novel Sering Tidak Selesai, Tips Ini Bisa Menjadi Solusi

Novel Sering Tidak Selesai, Tips Ini Bisa Menjadi Solusi

Fenomena novel sering tidak selesai memang bukanlah hal aneh. Hal tersebut sering kali membuat kesal para penulis. Bagaimana tidak, karya non fiksi yang seharusnya selesai dalam jangka waktu cepat justru melambat karena berbagai faktor. Baik karena faktor dari diri penulis atau lain sebagainya.

Novel pada dasarnya merupakan sebuah karya yang dikategorikan fiksi. Hampir sama dengan cerpen, namun novel cenderung memiliki jumlah halaman sangat banyak. Biasanya memuat sekitar 35.000 hingga 40.000 kata. Maka tidak heran jika penulisan fiksi tersebut sangat lama bahkan bisa berbulan-bulan lamanya.

Menulis sebuah karya fiksi memang tidak mudah dan banyak orang kewalahan melakukannya. Apalagi kesalahan kecil juga memiliki dampak hingga membuat novel sulit selesai. Meski begitu, Anda yang menyukai karya jenis fiksi tidak boleh menyerah. Lakukan introspeksi kesalahan apa yang harus diperbaiki.

Kesalahan yang Biasa Dilakukan Tatkala Menulis Novel

Setidaknya ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan hingga membuat novel sering tidak selesai. Salah satunya adalah salah memilih tokoh utama. Peran tokoh utama dalam cerita sangatlah penting dan tidak bisa tergantikan. Ketika salah memilih tokoh utama maka besar kemungkinan alur ceritanya hancur. Maka sebelum terlambat tentukan beserta karakter yang tepat.

Kesalahan lainnya yang harus Anda perhatikan sebagai novelis pemula adalah konflik dalam cerita kurang kompleks. Konflik menjadi bagian penting agar cerita semakin menarik. Konflik ini bisa mencakup fisik atau batin. Ketika konflik kurang bahkan tidak sampai klimaks maka akan berpengaruh pada emosi pembaca. Yang tentunya membuat cerita kurang menarik.

Layaknya tulisan yang dihasilkan oleh penulis artikel di mana membutuhkan editing agar karya enak dibaca. Namun, ini justru menjadi sebuah kesalahan tatkala proses penulisan novel belum selesai. Memang editing tetap dibutuhkan akan tetapi baiknya penulisannya diselesaikan terlebih dahulu. Hal ini karena bisa mengganggu imajinasi penulis yang sedang berjalan.

Tips Agar Novel Segera Selesai, Mudah Dipraktekkan

Ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan apalagi jika novel sering tidak selesai. Di antaranya ketika proses penulisan upayakan untuk menyisihkan waktu luang. Ini sangat berkaitan dengan mood. Ketika mood buruk maka bisa membuat tulisan tidak cepat selesai. Namun, beda ceritanya jika Anda meluangkan waktu khusus menulis dan menjadikannya kebiasaan.

Tips selanjutnya adalah ketika ide muncul sesegera mungkin tuliskan pada secarik kertas atau gadget Anda. Ide ini sangat cepat hilang sehingga perlu dituliskan sebelum lupa. Anda bisa mengganti ide tersebut dan memasukkan ke cerita novel nanti saat sudah ada waktu menulis. Yang terpenting upayakan jangan mengingat ide namun, tuliskan.

Dan paling penting tuangkan ide Anda saat menulis dan jangan berhenti untuk sekedar merevisi. Tulislah hingga selesai baru merevisinya. Lakukan secara terus-menerus dan rutin. Dengan begitu tentu diharapkan fenomena novel sering tidak selesai bukan lagi halangan untuk Anda terus berkarya.