muncul flek coklat sebelum haid

5 Kemungkinan Penyebab Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Muncul flek coklat sebelum haid merupakan suatu hal yang sering dialami oleh hampir setiap Wanita muda maupun dewasa. Meskipun begitu, kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, Biasanya flek cokelat tersebut muncul di bagian celana dalam, padahal belum waktunya haid dan membuat Anda bingung. Apakah ini normal, ciri-ciri ingin hamil, atau justru malah ada tanda penyakit?

Yuk cari tahu apa saja yang menjadi penyebab munculnya flek cokelat atau darah pada Wanita yang biasanya terjadi sebelum haid di artikel berikut ini

Penyebab Flek Cokelat Sebelum Haid

Untuk mengetahui bagaimana cara tubuh bekerja dan penyebab flek cokelat yang muncul tersebut, Ada beberapa penyebab diantaranya:

  1. Stres/Banyak Pikiran

Stres merupakan momok bagi Sebagian besar Wanita dimana stress bisa memicu kadar hormone di dalam tubuh menjadi terganggu. Stres juga dapat mempengaruhi siklus haid dimana bisa jadi salah satu pertanda jika muncul flek cokelat sebelum memasuki periode haid.

  1. Kehamilan

Flek cokelat yang muncul pada celana dalam sebelum haid juga bisa menjadi salah satu pertanda awal bahwa Anda sudah hamil. Umumnya, flek cokelat akan keluar pada trimester pertama kehamilan, dan justru paling sering terjadi di usia kehamilan 6 sampai dengan 7 minggu.

Jika muncul flek cokelat disertai dengan keram perut atau darah segar yang keluar dari menstruasi pada umumnya, itu juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda keguguran.

  1. Perimenopause

Flek cokelat yang muncul sebelum haid juga muncul pada masa transisi menuju menopause, sekitar umur 40 tahun ke atas. Hal ini terjadi karena adanya penurunan hormone estrogen yang turut juga memengaruhi siklus menstruasi.

  1. Efek samping Alat kontrasepsi

Jika Anda sedang melakukan program Keluarga Berencana (KB), Anda tentu akan mengkonsumsi pil KB yang jadi salah satu penyebab munculnya flek cokelat yang tidak teratur. Selain itu, Alat kontrasepsi jenis lainnya seperti IUD atau KB Spiral juga menjadi pemicu munculnya flek cokelat tersebut.

  1. Infeksi

Organ kewanitaan merupakan daerah yang sensitive, dimana kebersihan organ kewanitaan perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Jika tidak dirawat dengan baik, maka akan timbul infeksi pada organ kewanitaan yaitu penyakit menular seksuar, infeksi jamur, atau infeksi lainnya seperti HPV yang bisa juga menyebabkan muncul flek cokelat sebelum haid.

Terdapat juga kondisi-kondisi lainnya disertai dengan gejala seperti gatal atau nyeri pada vagina, nyeri setelah berhubungan, hingga mengeluarkan bau yang tak sedap dari vagina.

Seperti Apa Muncul Flek Coklat Sebelum Haid yang bukan Menstruasi itu?

Biasanya, warna darah yang menstruasinya normal akan dua tingkat lebih gelap dari pendarahan pada umumnya. Semakin gelap warna darah menstruasi, mulai dari merah tua sampai cokelat, akan menunjukkan darah yang berusia sedikit lebih tua atau alirannya yang cenderung lambat.

Darah haid juga bisa berwarna merah terang (darah segar) dimana laju pendarahan yang cepat dan baru saja terjadi. Beberapa ciri-ciri tanda darah menstruasi diantaranya:

  • Berwarna merah terang hingga gelap
  • Tekstur darah cenderung lebih kental
  • Tekstur darah lebih lama mengeringnya
  • Terdapat gumpalan pada jaringan darah

Sementara, ciri-ciri flek cokelat atau darah saat tidak menstruasi dapat ditandai dengan:

  • Berwarna merah muda hingga kecoklatan
  • Volume darah lebih sedikit
  • Mudah mongering
  • Meninggalkan noda di celana dalam.

Itulah beberapa penyebab warna darah menstruasi atau flek cokelat yang tergolong normal dan tidak normal. Jika kamu masih khawatir dengan penyebab flek coklat yang sedang dialami, ada baiknya segera periksa ke dokter untuk penindakan lebih lanjut.