Beberapa cara mudah mendapatkan uang dari blog.

Beberapa cara mudah mendapatkan uang dari blog

Setelah anda memiliki situs yang kontennya secara teratur diperbarui dan mendapatkan jumlah kunjungan yang cukup banyak, anda harus mulai berpikir tentang cara mendapatkan uang dari blog. Jadi bila situs anda belum cukup banyak mendapatkan kunjungan, peluang untuk mendapatkan uang dari blog melalui beberapa metode  di bawah ini kecil sekali.

Beberapa cara mudah mendapatkan uang dari blog.
Beberapa cara mudah mendapatkan uang dari blog.

Namun anda bisa mencoba, karena tidak semua metode cara mendapatkan uang yang dijelaskan di artikel ini mensyaratkan blog anda harus memiliki jumlah kunjungan yang banyak.

Daftar di bawah ini menyediakan cara untuk mendapatkan uang dari blog yang tidak akan menyita waktu anda, sehingga anda dapat fokus pada usaha membangun situs anda dengan konten yang baik dan terus melakukan usaha meningkatkan jumlah pengunjung ke situs anda.

Cara Ini adalah cara yang paling mendasar dan sangat populer (dan mungkin metode paling menguntungkan).

Seperti kebanyakan strategi tentang cara mendapatkan uang dari blog, diversifikasi adalah kunci. Coba kombinasikan beberapa metode untuk memaksimalkan peluang mendapatkan uang (tanpa membuat situs anda terlalu berat karena banyak memuat iklan).

Setelah anda mengikuti program periklanan di bawah ini anda harus memastikan anda dibayar secara akurat dan tepat waktu. Anda pantau kinerjanya dan jika anda tidak puas dengan layanan atau hasilnya, coba perusahaan lain.

Bagi anda yang sudah sangat mengetahui tentang jenis-jenis cara mendapatkan uang dari blog yang ditulis pada artikel ini, atau sudah menjadi sumber pendapatan anda, mungkin artikel ini bukan untuk anda. Artikel ini mungkin bermanfaat bagi pengunjung yang belum mengetahui, khususnya blogger pemula yang baru memulai kegiatan blogging.

  1. Iklan PPC (Pay Per Click)

Google Adsense adalah pilihan yang paling populer dan banyak digunakan. Google Adsense melayani iklan kontekstual (gambar atau teks) berdasarkan konten blog anda, dan anda dibayar bila seseorang mengklik iklan tersebut. Berapa banyak hasil yang anda akan dapatkan pada Adsense tergantung pada beberapa hal. Pertama, tawaran pengiklan pada kata kunci, jadi jika anda kebetulan menulis tentang suatu topik yang memiliki kata kunci yang mendapatkan bayaran tinggi, maka setiap klik akan berharga lebih tinggi dari topik yang lain dengan kata kunci yang dinilai rendah (kata kunci yang memiliki tawaran yang sangat rendah).

Juga, orang yang datang ke situs anda dari mesin pencari lebih cenderung mengklik iklan tersebut. Karena itu anda harus memaksimalkan tampilan artikel anda di mesin pencari.

Pilihan lainnya termasuk PPC Bidvertiser dan AdToll.

  1. Iklan CPM (Cost Per Mille)

Tidak seperti iklan PPC (Bayar per klik), iklan CPM membayar untuk setiap tayangan. Pengunjung tidak perlu melakukan apa-apa agar anda mendapatkan bayaran. Anda hanya perlu untuk melayani iklan mereka. Sisi jeleknya adalah bahwa anda dibayar sangat kecil sekali untuk setiap tayangan. Harga bisa serendah $ 0,10 per seribu tayangan. Tapi itu masih merupakan pilihan yang baik untuk digunakan bila dibandingkan dengan iklan PPC.

Iklan CPM dapat ditempatkan di mana saja pada blog anda, sedangkan iklan PPC harus ditempatkan di posisi yang lebih mudah terlihat oleh pengunjung. Sebagian besar jaringan iklan yang menawarkan iklan CPM memiliki iklan PPC juga. Anda dapat menghapus iklan yang tidak menarik.

Jaringan yang menawarkan CPM / iklan PPC termasuk AdBrite dan ValueClick Media.

  1. BPA atau Iklan Afiliasi / (Cost Per Action)

BPA atau iklan bayar per tindakan. Pengunjung tidak hanya perlu mengklik pada iklan, tetapi mereka benar-benar harus melakukan sesuatu, baik mendaftar / register atau melakukan pembelian. Tidak mengherankan, Iklan jenis ini akan membayar anda dengan bayaran yang tinggi.

Namun, seberapa besar kemungkinan pengunjung akan mengklik iklan dan melakukan tindakan yang dikehendaki akan sangat tergantung pada bagaimana relevansi iklan dengan konten blog anda. Sebagai contoh, sebuah situs tentang fotografi digital akan lebih baik menampilkan iklan BPA tentang kamera digital. Beberapa situs jauh lebih cocok untuk iklan BPA. Pertimbangkan apakah ada iklan BPA yang akan mungkin menarik minat pengunjung blog anda.

Jaringan Afiliasi Populer untuk iklan jenis ini termasuk Komisi Junction, Adfish, dan Amazon Associates, dan iklan afiliasi dari dalam negeri

  1. Teks Link

Teks link bekerja dengan cara yang sama seperti di atas. Anda menawarkan ruang pada halaman blog anda kepada pengiklan dan teks link akan ditempatkan pada blog anda ketika pengiklan membelinya. Anda harus mengirimkan halaman tertentu ke perusahaan penyedia layanan ini, jadi masukkan halaman anda yang paling populer (homepage, halaman kategori, dan artikel sangat populer). Harga didasarkan pada nilai PageRank blog anda. Link teks dapat menguntungkan bagi situs anda.

Beberapa perusahaan yang populer untuk layanan ini yaitu: Link Worth, TNX.net, dan Text-Link-Ads.

  1. Iklan dalam text

Iklan dalam teks tidak memerlukan ruang tambahan pada blog. Iklan yang melekat pada teks yang ada dalam konten blog anda, muncul sebagai teks yang digarisbawahi yang berupa kata-kata yang dapat diklik. Beberapa darinya akan memunculkan sebuah iklan ketika kursor mouse berada diatas kata tersebut. Namun demikian kebanyakan pengunjung akan merasa terganggu dengan tampilan iklan pop up seperti itu.