Apa Itu Grammar? Yuk Memahami Grammar dari Dasar!

Kamu sering takut salah saat ngomong bahasa Inggris? Sebaiknya, kamu perlu mengetahui grammar mulai dari dasar terlebih dahulu. Grammar adalah tata bahasa atau struktur yang mengatur kata dalam sebuah kalimat. Nah, jika kamu paham dengan tata bahasa tersebut, tentu akan lebih memudahkan saat speaking.

Grammar Dasar untuk Pemula

Berikut adalah tiga poin yang wajib kamu ketahui saat belajar tata bahasa Inggris:

1. Part of Speech

Sebenarnya, part of speech memiliki 8 bagian. Namun, yang wajib kamu ingat cukup tiga yaitu:

  • Verb – Kata Kerja

Kata kerja sama dengan predikat dan memiliki fungsi untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan oleh subjek. Contoh kata kerja dalam bahasa Inggris yaitu sleep (tidur), eat (makan), drink (minum), go (pergi), run (lari), dan masih banyak lagi.

  • Adjective – Kata Sifat

Pengertian kata sifat dalam grammar adalah untuk menjelaskan sifat dari suatu benda. Kata sifat meliputi perasaan, warna, ukuran, dan indra perasa. Contohnya seperti happy (senang), big (besar), dan sweet (manis).

  • Noun – Kata Benda

Umumnya, kata benda memiliki kedudukan sebagai objek dalam sebuah kalimat. Ataupun yang termasuk dalam kelompok kata benda adalah orang, hewan, bangunan, atau benda konkret lainnya. Selain itu, ada pula kata benda abstrak seperti happiness, beauty, inspiration, dan lain-lain.

2. Verb Form

Bahasa Inggris mempunyai beberapa macam bentuk kata kerja. Bentuk tersebut akan menyesuaikan waktu kejadian peristiwa. Penjelasan verb form dalam grammar adalah sebagai berikut:

  • Base Form – Verb1

Kata kerja bentuk pertama ini wajib kamu gunakan untuk menjelaskan kegiatan sehari-hari (simple present tense) dan modal auxiliary (will, would, can, could, shall, should, may, dan might). 

Contoh Verb1 yaitu go, sleep, eat, have, work, dll. Sedangkan contoh dalam kalimat adalah “I go to school every morning”.

  • Past Form – Verb2

Jenis kata kerja ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah terjadi di masa lalu (simple past tense). Past form terdiri regular verb dan irregular verb. Untuk mengubah regular verb tinggal menambahkan –ed pada akhir kata kerja, sedangkan irregular verb memiliki bentuk sendiri. 

Contoh regular verb adalah worked, washed, pushed, dll, sedangkan irregular verb seperti go – went, eat –ate, run –ran, dll.

  • Past participle – Verb3

Fungsi past participle dalam grammar adalah untuk perfect tenses dan kalimat pasif. Contohnya: 

  • She has eaten.
  • I had done my homework before my friend came.
  • The meal is cooked by my mom.

3. To Be

Dalam part of speech, ini digunakan dalam kalimat nominal (tidak mengandung kata kerja). Fungsinya untuk menjelaskan keadaan subjek atau objek. Setiap tense memiliki to be masing-masing, seperti:

  • Simple present tense = is, am, are 
  • Simple past tense = was, were

Sudah Lebih Paham dengan Grammar Dasar?

Grammar adalah bagian yang wajib kamu kuasai supaya bisa membuat kalimat dengan benar. Alhasil, kamu pun bisa menyampaikan informasi dengan jelas. Kamu juga bisa belajar grammar bahasa Inggris lengkap di Cakap sebagai solusi belajar bahasa inggris mudah, murah dan cepat. Yuk, kalau tidak mulai sekarang, mau kapan lagi? Selamat belajar!