Tips Foto Produk Kopi dengan Flat Lay

Tips Foto Produk Kopi dengan Flat Lay

Ada banyak cara untuk membuat foto produk kopi menjadi lebih menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan konsep atau teknik flat clay. Konsep ini banyak digunakan untuk foto produk yang diposting di media sosial seperti Instagram.

Walaupun terlihat mudah karena hanya menempatkan produk di papan datar, namun, salah dalam memotret akan menyebabkan foto menjadi kurang menarik. Untuk mendapatkan hasil maksimal mendapatkan foto kopi yang menarik dengan konsep flat lay seperti ini:

  • Tentukan Konsep

Tentukan konsep terlebih dahulu mau seperti apa. Misalnya Anda ingin fokus untuk ukuran rasio 1:1 saja. Anda juga bisa memilih untuk konsep lainnya. Misalnya agak ramai atau keep it less agar objek utama yaitu kopi tidak terganggu dengan objek yang lainnya.

  • Background Polos

Jika Anda hendak foto produk kopi dengan menggunakan konsep flat lay, sebisa mungkin gunakan jenis background yang polos. Jika pun ada motifnya, usahakan tidak terlalu ramai, misalnya motif tekstur pada kayu, lantai marmer ataupun yang lainnya.

Jika Anda takut nanti background akan mempengaruhi tampilan dari gambar, maka Anda bisa mengambil background dengan warna netral. Misalnya warna hitam, putih, cream.

  • Komposisi

Walaupun Anda dibebaskan untuk menambahkan objek lain misalnya biji kopi, dan Anda bisa menata apakah akan menatanya dengan rapi atau berantakan, namun tetap perhatikan komposisi. Serampangan atau tidak memperhatikan komposisi akan membuat foto terlihat kurang menarik. Salah satunya adalah ‘masuknya’ atau tertangkapnya gambar yang tidak perlu sehingga fokus bisa teralihkan.

Tips Foto Produk Kopi dengan Flat Lay
Tips Foto Produk Kopi dengan Flat Lay

Jika Anda bingung, masukkan benda yang berkaitan dengan foto yang Anda ambil. Misalnya hanya menggunakan biji kopi, sendok, gula untuk membuat foto kopi Anda menjadi menarik. Atau menempatkan kopi dengan latte art di tengah-tengah frame sehingga fokus akan langsung mengarah pada kopi tersebut.

  • Jarak

Jangan lupa untuk memberikan jarak antar objek yang masuk ke dalam frame ataupun white space agar Anda isa menambahkan tulisan pada bagian yang kosong tersebut. Space yang kosong tersebut bisa juga digunakan untuk keperluan highlight misalnya untuk iklan.

  • Lighting

Jangan lupa untuk memperhatikan lighting yang Anda pergunakan. Terlalu gelap atau terlalu terang akan menyebabkan foto dari kopi Anda menjadi kurang menarik.

Karena Anda menggunakan konsep flat lay, maka lighting juga dari atas dan agar terlihat natural, gunakan cahaya yang tidak terlalu terang atau bahkan bisa menggunakan pencahayaan natural. Anda bisa juga menggunakan pencahayaan dari samping untuk menampilkan kesan bayangan tersendiri pada objek. Untuk hasil gelap atau terang, Anda bisa memainkan aperture pada kamera.

  • Hindari Filter Berlebihan

Anda tetap bisa menggunakan filter namun usahakan jangan berlebihan. Sebisa mungkin tetap jaga agar foto tersebut terlihat natural sehingga lebih menarik.

Dengan cara tersebut, foto produk kopi berkonsep flat lay, akan menjadi lebih menari. Selamat berkreasi!