Mengenal Apa Itu VPN, Cara Kerja dan Berbagai Hal yang Berkaitan Dengannya

Mengenal Apa Itu VPN, Cara Kerja dan Berbagai Hal yang Berkaitan Dengannya. Pada waktu jaman dahulu, VPN atau Virtual Private Network ini dibuat dengan sebuah tujuan untuk mengkoneksikan sebuah jaringan antar gedung perkantoran. Hal ini dilakukan secara aman dan bisa menggunakan sebuah jaringan kantor yang berasal dari rumah ataupun tempat lain.

Apa itu VPN
Apa itu VPN

Sedangkan pada saat sekarang ini, maka VPN ini sudah mulai banyak digunakan oleh para pengguna internet yang ada di seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk memperoleh koneksi ke jaringan internet secara aman, pribadi serta juga bisa mengakses suatu jaringan tersebut secara remote.

Apa itu VPN? Pertanyaan yang sering dilontarkan bagi siapapun. VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah layanan koneksi yang akan memberikan Anda sebuah akses menuju website secara aman dan juga pribadi. Hal ini dilakukan dengan mengubah sebuah jalur koneksi melalui server serta juga menyembunyikan sebuah pertukaran data yang terjadi.

Secara sederhananya, maka VPN itu mengkoneksikan perangkat smartphone, tablet ataupun PC ke perangkat komputer lainnya atau VPN Server. Hal ini terjadi di suatu tempat yang akan terhubung dengan jaringan internet, serta juga mengizinkan Anda untuk bisa menjelajah internet dengan menggunakan jaringan internet komputer.

Jadi jika perangkat  komputer atau server yang ada di negara yang berbeda, maka itu akan menjadi sebuah negara yang akan Anda gunakan. Hal ini terjadi ketika internet mencoba untuk mengenai Anda melalui sebuah koneksi tersebut serta Anda bisa mengakses sesuatu yang memang tidak akan bisa Anda akses dari negara Anda.

Cara Kerja Dari VPN

Setelah Anda mengetahui apa itu vpn serta juga fungsinya, maka selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara kerja dari VPN. Cara kerja dari VPN itu sederhananya yaitu melakukan enkripsi pertukaran sebuah data bahkan sebelum terjadi koneksi publik yang ada di tempat kopi ataupun warung  internet membacanya.

Ketika hal tersebut terhubung dengan jaringan internet menggunakan akses koneksi VPN itu seperti halnya mengakses internet yang menggunakan lorong khusus, tapi tidak menggunakan sebuah jaringan utama.

Server VPN ini diketahui bertugas untuk bisa meneruskan koneksi Anda menuju ke situs yang ingin Anda akses. Jadi koneksi yang akan Anda lakukan akan bisa dikenali sebagai sebuah koneksi dari sebuah jaringan server VPN bukan dari jaringan yang akan biasa digunakan pada saat itu.

Jadi ketika Anda menggunakan sebuah jaringan tanpa menggunakan VPN maka koneksi jaringan yang Anda lakukan secara langsung  tanpa adanya enkripsi. Sedangkan jika Anda menggunakan VPN, maka akses koneksi yang akan dilakukan terenkripsi serta juga dilewatkan terlebih dahulu tanpa melalui VPN server.

Apa Manfaat VPN?

Ada beberapa macam manfaat yang bisa Anda peroleh pada saat menggunakan VPN yaitu melakukan remote access. Remote access ini mengizinkan Anda mengakses sebuah internet dengan menggunakan jaringan kantor. Dari mana saja selama hal tersebut terhubung ke jaringan internet.

Jadi meskipun Anda telah menggunakan jaringan luar, maka ketika Anda menggunakan VPN maka untuk jaringan Anda tersebut bisa dikenali oleh internet dengan menggunakan jaringan kantor.

Selain Anda menanyakan apa itu vpn, maka disini Anda juga bisa mengetahui ada beberapa manfaat dari VPN, yaitu :

ByPass

Anda bisa melewati sebuah pembatasan geografi terhadap sebuah situs streaming ataupun video. Contohnya oleh pemerintah untuk bisa mengakses sebuah situs yang telah dianggap sangat membahayakan, dan yang lain sebagainya.

Pengamanan Data yang Ada di Jaringan Publik

Manfaat dari VPN yang lainnya yaitu melindungi pertukaran sebuah data yang akan Anda lakukan melalui jaringan WiFi ataupun jaringan yang tidak bisa dipercaya. Ini akan sangat membantu ketika akanmenggunakan sebuahjaringan publik yang ada di kafe, bar, dan lain semacamnya.

Mengamankan Berbagai Informasi Pribadi yang Dilakukan Secara Anonim

VPN ini bisa menyembunyikan lokasi Anda secara kondisi realtime atau secara langsung. Jadi, tidak bisa sembarangan orang bisa mengetahui lokasi Anda berada pada saat Anda melakukan akses. Biasanya lokasi yang akan terdeteksi itu adalah lokasi sebuah server VPN Anda berada.

Data Dienkripsi

Pada saat memproses sebuah pertukaran data yang terjadi antara Anda serta juga web aplikasi online, maka data Anda akan dienkripsi. Sehingga meskipun nantinya seseorang bisa melihat apa yang ada di komputer kirimkan, maka mereka hanya bisa melihat informasi yang memang sudah terenkripsi, bukan hanya data mentah saja.

Enkripsi Informasi Perangkat

Anda atau siapapun tidak akan bisa dengan mudah untuk mengidentifikasi berbagai perangkat yang akan Anda gunakan, atau apapun yang Anda lakukan.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain Anda mengetahui, apa itu vpn maka Anda juga akan tahu kalau vpn itu untuk menyembunyikan identitas asli. VPN juga bisa membatasi riwayat penelusuran yang dilakukan oleh ISP dan jugapemerintah. Akan tetapi, ada juga beberapa kekurangan yang ada dari penggunaan VPN ini yaitu salah satunya koneksi yang memang terkadang lebih lambat.

  • Kerahasiaan untuk data lebih aman tapi untuk Koneksi lebih lambat.
  • VPN ini bisa untuk mengakses sebuah website yang terblok. Tapi untuk Koneksi tidak stabil.
  • Identitas dari IP asli tidak bisa langsung diketahui.
  • Konfigurasi manual diketahui cukup rumit.
  • Akses ke jaringan dari lokasi yang cukup berbeda.

Ada beberapa macam alasan yang menarik untuk bisa menggunakan teknologi ini yaitu :

Membantu Anda untuk memperoleh koneksi yang dianggap lebih aman ketika mau menggunakan WiFi publik.

Mengenkripsi berbagai aktivitas Anda yang ada di situs web.

Menyembunyikan semua aktivitas Anda terhadap berbagai orang yang ingin mencoba untuk mengetahui secara diam-diam.

Menyembunyikan sebuah lokasi serta juga mengizinkan Anda untuk mengakses geo-blocked content atau berbagai konten yang telaj diblok berdasarkan dari wilayah geografis.

Memastikan Anda untuk lebih anonim di dalam sebuah situs web.

Melalui berbagai situs yang ada di bawah ini, maka Anda bisa memperoleh akses VPN tersebut secara gratis. Ada beberapa macam situs penyedia dari VPN Gratis yang bisa untuk Anda coba. Beberapa situs penyedia VPN Gratis tersebut akan menyediakan sebuah layanan aplikasi VPN yang bisa Anda gunakan di perangkat desktop Anda.

Baca juga : https://jisku.com/cara-mendapatkan-uang-dari-youtube/

Hotspot Shield

Hotspot Shield merupakan sebuah penyedia layanan dari VPN yang cukup sangat populer. Meskipun telah menyediakan layanan premium, akan tetapi Hotspot Shield ini juga menawarkan sebuah versi gratis yang bisa Anda coba.

TunnelBear

TunnelBear merupakan aplikasi VPN yang diketahui cukup sederhana tetapi sangat  powerful. TunnelBear ini mempunyai tampilan yang sangat menarik sehingga bisa memudahkan Anda sebagai pengguna untuk bisa menggunakannya.

Hide.me

Hide.me ini merupakan sebuah aplikasi penyedia internet yang telah ada di Malaysia dan memiliki puluhan server yang telah ada dan tersebar di dunia. Untuk versi gratis dari aplikasi tersebut telah mengizinkan Anda untuk bisa menggunakannya sampai dengan 3GB untuk setiap bulannya.

Inilah seputar pertanyaan yang sering terdengar apa itu vpn? Setelah Ansa mengetahuinya maka Anda bisa mulai memilih dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.