Kualitas Website Menurut Para Ahli yang Perlu Diketahui

Kualitas Website Menurut Para Ahli yang Perlu Diketahui

Banyak jenis website yang bisa Anda temui. Namun, masing-masing dari website tersebut tidak memiliki kualitas yang sama, ada yang baik dan ada yang kurang. Kualitas website menurut para ahli sendiri juga berbeda-beda. Untuk tahu lebih jelasnya, simak informasi berikut.

Kualitas Website

Kualitas website itu sendiri merupakan konsep penting untuk perdagangan secara online serta memiliki nilai tersendiri untuk konsumen. Ada banyak definisi kualitas website menurut para ahli. Seperti dari Gaspersz (2002:4) yang intinya menyatakan bahwa ada 2 kualitas yaitu strategic dan konvensional.

Kualitas konvensional ini berkaitan dengan karakteristik dari produk. Sedangkan strategi ini berkaitan dengan semua yang mampu untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari pelanggan.

Menurut Shin et al (2013) dan Tandon et al (2017), kualitas website ini diartikan sebagai persepsi dari keseluruhan kualitas situs pusat perbelanjaan internet yang sesuai sudut pandang pelanggan. Sedangkan menurut Bavarsad et al (2013), website yang baik mempunyai kualitas operasional yang memungkinkan konsumen untuk melakukan kegiatan e-shopping dengan lebih mudah dan efisien.

Menurut Wan (2000), ada 4 atribut yang mempengaruhi kualitas website yaitu informasi, keramahan, ketanggapan dan kehandalan. Sedangkan menurut Parasuraman et al. (2005), ada 5 dimensi kualitas pelayanan. 5 dimensi tersebut adalah reliability, empati, bukti fisik, jaminan dan responsiveness. Walaupun begitu, kualitas website yang paling disoroti dan umumnya yang dilihat adalah kualitas pelayanannya.

Jadi walaupun Anda menyediakan website yang berisi informasi untuk download app edit video PC yang lengkap tapi pelayanannya jelek, maka akan dianggap jelek. Pelayanan ini bisa dilihat dari tanggapan antara penyedia bisa juga karena yang lainnya. Misalnya ketersediaan informasi yang akan mendukung atau menjadi faktor tertentu agar calon konsumen membeli atau melakukan tindakan seperti download.

Kualitas Website Menurut Para Ahli yang Perlu Diketahui
Kualitas Website Menurut Para Ahli yang Perlu Diketahui

Kualitas Pengukuran Website

Secara umum, kualitas pengukuran website dibagi menjadi 2 yaitu SerQual dan WebQual. SerQual itu sendiri merupakan metode untuk mengukur tingkat kepuasan dari pelanggan pada layanan yang diberikan. Metode ini memperhatikan mengenai harapan dari pelanggan tentang layanan yang akan dan sudah diterima.

SerQual sendiri memiliki 5 dimensi yaitu:

  1. Reliability yang merupakan kemampuan memberikan jasa dengan memuaskan dan segera,
  2. Responsiveness adalah kemampuan memberikan jasa dengan tanggap.
  3. Assurance: kemampuan, sifat dapat dipercaya dan kesopanan dari staff, dan bebas dari keragu-raguan, resiko dan bahaya.
  4. Empathy: kemudahan untuk melakukan komunikasi yang baik serta memahami kebutuhan pelanggan.
  5. Tangibles: fasilitas fisik, perlengkapan serta sarana komunikasi.

Sedangkan WebQual ini sendiri merupakan metode pengukuran website dari Stuart barnes dan Richard Vidgen berdasarkan pada persepsi pengguna akhir. WebQUal ini memiliki 3 dimensi yaitu:

  1. Usability quality: persepsi terhadap kemudahan untuk dibaca, dipahami dan beroperasi.
  2. Information quality: persepsi pada informasi sesuai kebutuhan dan tujuan sehingga selalu up to date dan relevan.
  3. Server interaction quality: persepsi pada pengguna atas proses layanan yang bisa diselesaikan secara online.

Itulah kualitas website menurut para ahli yang perlu Anda ketahui. Tetap tingkatkan kualitas website Anda sehingga visitor akan semakin naik.