Ini Dia Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Ini Dia Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Website saat ini menjadi salah satu sarana untuk berbagi informasi, portofolio dan sebagai media untuk berbisnis. Untuk bisa mengakses website tersebut, Anda membutuhkan koneksi internet. Namun, walaupun sudah menggunakan koneksi internet, website tidak bisa diakses.

Ada banyak hal yang menyebabkan situs tidak dapat diakses. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Koneksi

Masalah koneksi menjadi faktor yang umumnya menjadi penyebab website tidak bisa diakses. Bisa saja masalah koneksi secara keseluruhan, misalnya internet sedang down, atau karena jenis koneksi, seperti koneksi seluler.

Ini Dia Penyebab Website Tidak Bisa Diakses
Ini Dia Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Jika Anda mendapati website tidak bisa diakses dengan koneksi seluler, coba Anda menggunakan koneksi lain. Misalnya wifi. Jika koneksi kedua sukses, berate masalahnya ada di koneksi sebelumnya yaitu koneksi seluler. Masalah tidak bisanya koneksi seluler digunakan bisa jadi karena provider Anda namun juga bisa karena IP koneksi internet yang terblokir.

  • Kelebihan Trafik

Terlalu banyak visitor yang bisa dihandle akan menyebabkan server menjadi down sehingga website tidak bisa untuk diakses. Kelebihan trafik ini biasanya terjadi ketika website tersebut menggunakan bandwidth yang kecil yang tidak sebanding dengan kebutuhan.

Bisa jadi pula karena viral atau karena momen tertentu, misalnya black Friday dengan diskon up to 90%. Masalah ini biasanya terjadi pada situs skala kecil. Namun, tidak jarang pula situs besar ataupun situs universitas yang down karena terlalu banyak mahasiswa yang bersamaan mengisi KRS.

  • DNS Bermasalah

Situs biasanya memiliki DNS yang terpasang di server. DNS tersebut dapat diubah sesuai dengan keinginan. Namun, jika ada kesalahan dalam mengatur nama server ataupun DNS, akan menyebabkan website menjadi tidak bisa diakses untuk beberapa waktu setelah perubahan tersebut.

Untuk mengatasinya, pemilik website atau pengelola harus mengubah nama server dan DNS dengan benar. Setelah itu, website bisa diakses secara normal.

  • Masalah Skrip Website

Jika Anda menemukan notifikasi seperti”Internal server error 500” berarti ada masalah yang terjadi di website tersebut. Adanya masalah skrip pada website bukan hanya dengan notifikasi tersebut namun juga ada redirect loop, website has been hacked dan auto redirect ke website yang lain.

Anda bisa saja mengatas masalah tersebut. Namun, jika Anda tidak bisa, maka segera hubungi technical support penyedia hosting untuk membantu Anda menganalisa masalahnya. Dengan begitu, permasalahan tersebut terselesaikan dan website bisa dikunjungi kembali.

  • Hosting

Permasalahan hosting adalah hal umum yang kerap terjadi, misalnya lupa untuk memperpanjang hosting. Selain ada pesan yang bertuliskan this account has been suspended, ciri lain website mengalami masalah hosting adalah:

  1. Muncul pesan error 503.
  2. Loading website yang lama dari biasanya.
  3. Pesan the connection has timed out.

Selain itu, website tidak bisa diakses juga bisa disebabkan karena internet positif dari Kominfo. Namun, jika Anda menemukan masalah mengenai website karena teknis seperti hosting, ada baiknya Anda langsung menghubungi pihak terkait.