Sosial Media Atau Media Sosial

Apa Saja Yang Menjadi Jenis-jenis Dari Sosial Media Atau Media Sosial?.. Berikut Ulasannya

Sosial media atau media sosial termasuk pada golongan media yang terus populer, bukan hanya dilihat dari sisi pengguna yang biasanya saja, melainkan ini juga sudah sampai ke dunia bisnis. Dalam hal ini, para pengguna akan melakukan kegiatan interaksi dengan pengguna lainnya sehingga bisa menemukan sebuah informasi yang penting dan dicari oleh pengguna itu sendiri.

Dengan adanya sosial media, maka para pengguna bisa membangun percakapan ataupun komunitas dengan cara yang mudah. Ada banyak juga jenis-jenis sosial media yang harus diketahui oleh anda. Agar anda bisa mengetahui keberadaan dari jenis-jenis sosial media, maka anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

1. Microblogging

Pada umumnya, ini merupakan sebuah sosial media yang dapat digunakan untuk membagikan sebuah konten dengan cara yang cepat diketahui oleh banyak orang dan tanpa harus dicari oleh pengguna lainnya. Maksudnya, konten tersebut langsung ditampilkan pada layar kaca pengguna lainnya, salah satu contohnya adalah Twitter.

2. Sosial Network

Sosial network menjadi sebuah jenis sosial media yang lebih terfokus untuk pada pembagian yang dilakukan dengan cara melalui pesan, foto ataupun video dan informasi. Biasanya, para pengguna akan terhubung apabila sudah saling terkoneksi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh media sosial yang seperti ini adalah Facebook dan Linkedin.

3. Media Sharing

Jenis sosial media atau media sosial lainnya adalah media sharing. Dalam hal ini, para penggunanya bisa membagikan sebuah jenis file yang berupa video maupun musik. Dan, salah satu contoh media sosial yang seperti ini adalah Soundcloud dan YouTube, bahkan ini juga akan terdiri dari Instagram dan Flickr.

4. Blog

Blog bisa dipahami sebagai sebuah jurnal pribadi yang berada di dunia Internet. Dalam hal ini, seseorang akan membagikan berbagai jenis konten pribadi yang berupa catatan pribadi maupun pandangan pribadi dan lain sebagainya. Pada umumnya, seseorang yang menggunakan media sosial yang seperti ini akan disebut sebagai seorang blogger. Sebagai contoh sosial media yang berjenis blog adalah Blogger dan WordPress.

5. Forum

Mungkin anda sudah tidak asing dengan media sosial yang berupa forum, dimana ini biasanya dikenal sebagai sosial media klasik yang telah diketahui sejak lama. Perlu diketahui oleh anda, kalau layanan yang seperti ini dikenal oleh banyak orang yang ingin mencari suatu jawaban dari pertanyaan apa yang dimilikinya atau ingin berdiskusi dengan berbagai jenis pengguna lainnya. Misalnya Qoura dan Kaskus. Namun, biasanya website ini seringkali menjengkelkan karena, para pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengakses. Mungkin ini karena adanya penyebab website tidak dapat di akses yang belum pernah diketahui.

6. Kolaborasi

Sesuai dengan namanya, dimana sosial media atau media sosial ini diberi kesempatan untuk para pengguna dalam mengedit ataupun menyunting sebuah konten. Dalam hal ini, setiap orang akan mengedit antara penulisan yang dimiliki oleh seseorang. Salah satu contoh sosial media yang seperti ini adalah Wikipedia.