7 Tips Membuat Nama Website

7 Tips Membuat Nama Website

Pernahkan Anda menentukan nama kemudian merasa menyesal karena namanya tidak tepat? Maka dari itu, agar Anda tidak menyesal menentukan nama website, baca dulu tips membuat nama website berikut ini.

Cara Menentukan Nama Domain

setidaknya ada 7 cara untuk menentukan nama domain, yaitu:

  • Tentukan Nama Sesuai Bisnis

Jika Anda menggunakan website Anda untuk keperluan bisnis, maka buat website dengan nama bisnis Anda. Cara ini akan mempermudah orang untuk menemukan website dan bisnis Anda.

Bagaimana jika bukan untuk keperluan bisnis, misalnya untuk website pribadi? Anda bisa menggunakan nama Anda sebagai domain atau menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan tema website.

Cara lain adalah dengan menggunakan nama yang sudah ada. Misalnya ‘punyaku’ menjadi ‘punyaqu’. Namun, pastikan jika nama tersebut mudah diingat ya agar mempermudah orang untuk berkunjung ke website Anda.

  • Mudah Diketik

Pastikan jika nama domain yang Anda pilih mudah untuk diketik. Hindari penggunaan huruf konsonan yang susah untuk dibaca. Misalnya “Mischkhasha”.

Jika dilakukan, orang lain akan susah untuk mengingat, melafalkan bahkan mengetik. Alhasil, orang yang hendak ke website Anda menjadi malas dan memilih untuk mengunjungi website lainnya.

  • Gunakan Atribut Lokasi

Jika Anda menjual jasa, Anda bisa menambahkan atribut lokasi di domain Anda. Misalnya jasa backlink, maka Anda bisa menambahkan lokasi menjadi jasabacklinkfakfak.com. Nantinya, di website tersebut selain menawarkan jasa, Anda juga bisa bisa membahas informasi seperti cara disavow backlink.

  • Nama yang Pendek

Sebisa mungkin, gunakan nama yang pendek untuk domain Anda. Tips membuat nama website ini bertujuan agar orang lain mudah untuk mengingat nama website Anda. Dengan begitu, orang lain akan mudah untuk mengingat dan menuliskan domain website Anda sehingga traffic meningkat.

  • Hindari Menggunakan Angka dan Tanda Sambung

Ketika Anda membuat nama untuk website Anda, hindari untuk mengkombinasikan antara huruf dengan angka atau tanda sambung. Kenapa? karena penggunaan angka dan tanda sambung akan memperumit domain Anda.

  • Kombinasikan Kata Kunci
7 Tips Membuat Nama Website
7 Tips Membuat Nama Website

Gunakan kombinasi kata kunci. Penggunaan kombinasi ini cukup mudah diingat bahkan memiliki nilai jual yang tinggi. Namun, Anda harus riset terlebih dahulu untuk menentukan kata kunci yang tepat agar nama domain lebih menarik.

  • Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

Ada banyak ekstensi domain yang tersedia. Misalnya .com, .net, .info, .co, .co.id. Masing-masing ekstensi tersebut biasanya digunakan untuk jenis website tertentu, diantaranya:

  1. .com: untuk perusahaan, komunitas, komersial.
  2. .info: untuk website yang informatif. .
  3. .net: untuk website yang berisi informasi tentang hal teknis atau infrastruktur internet.
  4. .org: untuk website non profit atau non komersial.
  5. .biz: untuk website bisnis dan komersial.
  6. .me: untuk website yang personal dan resume.

Dengan tips membuat nama website di atas, semoga Anda menemukan nama domain yang cocok dengan kebutuhan Anda ya.