3 Cara Cek Backlink Website Sendiri Secara Gratis

3 Cara Cek Backlink Website Sendiri Secara Gratis

Backlink memang digunakan untuk membantu optimasi SEO. Sayangnya, ketika Anda memiliki backlink yang rusak, maka kualitas website akan terganggu. Untuk itu, cara cek backlink website gratis berikut ini, semoga bisa membantu Anda ya.

  • Ahref

Ahref memang merupakan tool berbayar untuk optimasi SEO. Namun, tool ini juga memiliki layanan yang gratis yang bisa dicoba dan hasilnya akurat.

Sebelum Anda menggunakan Ahref, perlu Anda tahu bahwa jika Anda menggunakan yang gratis, maka fitur dan hasil pengecekan juga tidak akan maksimal. Dengan begitu, Anda tidak akan kecewa.

Bila Anda tidak masalah dengan keterbatasan fitur tersebut, maka Anda bisa membuka Ahref terlebih dahulu. Kemudian cari backlink checker. Anda langsung bisa memasukkan website yang Anda miliki ke kolom pencarian yang ada di website Ahref.

Karena Anda menggunakan yang gratis, Anda tidak bisa memilih jenis domain yang disediakan di Ahref. Langsung klik cari dan jangan lupa centang bahwa Anda bukan robot. Tunggu hasilnya dan Anda akan mendapatkan informasi mengenai backlink website Anda.

Apakah bisa menggunakan backlink checker ini untuk competitor? Bisa. Namun, hasil yang akan Anda dapatkan juga terbatas karena Anda menggunakan versi gratisnya.

  • Google Search Console
3 Cara Cek Backlink Website Sendiri Secara Gratis
3 Cara Cek Backlink Website Sendiri Secara Gratis

Google Search Console atau GSC atau Google Webmaster tool merupakan tool gratis yang pasti dimiliki oleh pemilik website berbayar. Dengan tools ini, Anda tidak perlu lagi untuk repot-repot menggunakan tools lain.

GSC sangat akurat untuk mengecek backlink yang Anda miliki. Misalnya link yang berkaitan dengan cara mudah mendapatkan uang dari blog. Untuk menggunakannya, pastikan lebih dahulu jika website Anda sudah terdaftar di GSC.

Jika sudah terdaftar, Anda harus masuk ke dashboard. Kemudian masuk ke bagian menu links. Anda bisa memilih apakah akan mengecek internal atau eksternal link.

Untuk backlink, coba cek di bagian eksternal link. Di bagian ini, Anda bisa mendapatkan data backlink yang Anda tanam. Bahkan, Anda bisa melihat anchor yang digunakan serta situs mana yang paling banyak memberikan backlink pada Anda.

Salah satu kelemahannya adalah Anda harus mengecek backlink website satu per satu. Selain itu, Anda juga tidak bisa membedakan mana jenis backlink dofollow dan mana yang nofollow. Hal ini tentu akan menyusahkan Anda ketika Anda juga ingin melakukan analisa secara menyeluruh pada website yang Anda miliki.

  • SmallSEOTools

Tools ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengecek backlink saja tetapi juga mengecek plagiasi konten website. Cara cek backlink website dengan menggunakan SmallSEOTools adalah:

  1. Masuk saja ke website smallseotools > backlink checker.
  2. Masukkan nama website lengkap ke kolom yang tersedia.
  3. Pilih apakah akan melihat ke URL yang dimasukkan atau semua backlink yang mengarah ke website Anda.
  4. Centang captcha > get backlink.
  5. Tunggu hingga semua hasilnya keluar.

Dengan cara cek backlink website secara gratis tersebut, Anda tidak perlu terlalu pusing untuk mengeluarkan uang banyak agar SEO teroptimasi.