2 Jenis Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

2 Jenis Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Salah satu rujukan untuk menulis sebuah penelitian ialah menggunakan jurnal. Karenanya, cara menulis daftar pustaka dari jurnal harus diperhatikan agar memudahkan pembaca ketika mencari referensi dari penelitian atau karya ilmiah yang Anda buat. Berikut ini lima cara yang harus diperhatikan ketika menulis daftar pustaka dari jurnal.

  1. APA Style

APA merupakan singkatan dari American Psychological Association. Penulisan daftar pustaka dengan gaya APA style ini biasanya digunakan untuk menulis penelitian dalam bidang tertentu misalnya Psikologi, Filsafat, Ilmu Safar, dan Linguistik.

Urutan cara penulisannya ialah nama pengarang (.) tahun terbit (.) judul artikel. Misalnya, J.K Rowling. (1998).The Theory of Harry Potter and The Magic Wands. Apabila penulis lebih dari satu orang, maka pada bagian nama pengarang ditulis sebanyak nama pengarang penulis dan dipisah menggunakan (.) titik.

Hal yang sama dilakukan apabila nama pengarang lebih dari tiga orang. Contohnya, Lolita, Valda, Claudia, Ike, Octory, Pratiwi, Sinta. (2000). Bagaimana Seseorang Bisa Patah Hati?.

  1. MLA Style

Dibandingkan dengan American Psychological Association (APA Style), MLA atau Modern Language Association memiliki cara sederhana dan mudah saat menulis daftar pustaka dari jurnal.

Biasanya, gaya penulisan MLA ini digunakan sebagai kutipan, karya seni, bahasa, sastra, agama, Pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu alamiah hingga ilmu budaya dasar.

Untuk format penulisan MLA Style diawali dengan: Nama akhir penulis (,) Nama pertama (.) “Judul  artikel”(.) Nama jurnal yang ditulis miring(.) tahun publikasi (:) Media yang digunakan antara cetak atau online. Contohnya, Dewi, Sri. “Cara Mengatur Keseimbangan Tubuh”. Penelitian Guru SD Sejahtera. Edisi 2010: Cetak.

Sementara itu, untuk penulisan daftar pustaka secara online atau melalui internet, format penulisannya sama hanya mengubah pada bagian media yang digunakan dan tahun publikasi ditulis paling akhir. Misalnya, J.K, Rowling. “Harry Potter and The Goblet of Fire.” The Talko (2010): Website. 22 Februari. 2015

Pada cara menulis daftar pustaka dari jurnal untuk pengarang yang lebih dari 3 orang, format penulisan yang digunakan sama namun hanya menggunakan nama dua pengarang selanjutnya ditulis dan kawan-kawan (dkk). Anda bisa memilih penulisan daftar pustaka sesuai dengan kebutuhan dan kategori karya ilmiah yang Anda buat.